Bagaimana Ciri-ciri Wanita Sedang Hamil?

Memiliki buah hati menjadi kebahagiaan tersendiri bagi pasangan suami istri terutama bagi pasangan yang kesulitan mendapatkan momongan meski telah melakukan berbagai macam cara. Kadang kala, wanita tidak menyadari kehamilannya sehingga tidak menjaga kondisi fisik yang menyebabkan janin keguguran. Ketidaktahuan ini disebabkan oleh kurangnya pengetahuan mengenai ciri-ciri wanita sedang hamil dan sering menganggap gejala yang muncul merupakan gejala penyakit umum seperti biasanya.

Biasanya ibu hamil menyadari dirinya telat datang bulan setelah 1 sampai 3 bulan karena jarang memperhitungkan siklus haidnya. Hal ini membuat kehamilan terlambat diketahui. Tapi tahukah Anda, ada beberapa tanda kehamilan awal sebelum Anda menyadari telat datang bulan untuk memprediksi kehamilan? Berikut ini beberapa ciri-ciri wanita sedang hamil yang perlu Anda ketahui.

  1. Lebih sensitif pada bau dan nafsu makan berkurang

Ketika hamil biasanya wanita lebih sensitive terhadap bebauan yang ada di sekitarnya termasuk makanan. Hal ini membuat wanita kehilangan selera makan ketika mencium bau makanan yang ada di hadapannya. Bahkan beberapa makanan dengan bau yang tajam bisa menyebabkan mual dan muntah.

  1. Mual dan muntah

Hal yang umumnya terjadi pada ibu hamil ialah mual dan muntah. Tentu hal ini bukan sesuatu yang baru karena semua orang pasti mengetahuinya. Namun, mual dan muntah bukan hanya menunjukkan kehamilan seseorang karena sakit seperti maag pun dapat menyebabkan mual. Oleh karena itu diperlukan pemeriksaan lanjutan agar lebih meyakinkan dan akurat.

  1. Perubahan fisik

Di awal kehamilan payudara akan mengalami perubahan. Meskipun sama seperti haid, tetapi gejala yang muncul di sekitar payudara seperti rasa nyeri ketika ditekan dapat berlangsung lama. Bagian puting juga menjadi lebih sensitif. Selain itu, payudara juga akan terasa semakin berisi dan padat.

  1. Sering buang air kecil

Buang air kecil dengan intensitas yang sering bisa menjadi tanda kehamilan awal. Ketika hamil, Rahim akan membesar menyesuaikan dengan ukuran janin yang terus tumbuh. Hal ini menyebabkan kandung kemih tertekan dan membuat ibu hamil ingin buang air kecil terus menerus.

  1. Implantasi

Implantasi ialah darah yang keluar ketika sel telur berhasil dibuahi. Pendarahan ini tidak sama dengan darah haid karena lebih encer dan warnanya lebih terang. Selain itu periodenya hanya sebentar yaitu sekitar 1 sampai 2 hari saja dan jumlahnya tidak terlalu banyak seperti haid.

Demikian ciri wanita sedang hamil yang perlu diketahui. Ketika merasakan gejala-gejala tersebut di atas, segera tes menggunakan test pack (alat tes kehamilan) atau dengan memeriksakan diri secara langsung ke bidan atau pun dokter kandungan. Sebab, meskipun hasilnya negative, gejala-gejala yang muncul harus benar-benar diperhatikan dan diperiksakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *