Ketahui Ciri2 Kehamilan Minggu Pertama

Kehamilan pertama selalu ditunggu-tunggu oleh pasangan suami istri yang baru menikah dan ingin segera mendapatkan keturunan. Bagi ibu yang sudah pernah hamil, tentu tidak terlalu sulit mengetahui gejala-gejala kehamilan di kehamilan yang selanjutnya. Berbeda dengan ibu muda atau yang baru pertama kali hamil akan kesulitan dalam menyadari gejala kehamilan yang muncul atau bahkan tertipu karena hampir sulit dibedakan antara tanda kehamilan dengan sakit biasa atau haid.

Kehamilan biasanya diketahui setelah usianya 2 atau 3 bulan ketika terjadi beberapa perubahan fisik pada ibu seperti membesarnya bagian perut karena janin mulai berkembang. Padahal, tanda-tanda kehamilan sudah muncul dari sejak minggu pertama kehamilan. Akan tetapi cukup sulit untuk dibedakan antara tanda kehamilan dengan menstruasi.

ciri2 kehamilan minggu pertama yang perlu diketahui

  1. Mudah lelah dan pusing

Pada minggu pertama kehamilan, biasanya ditandai dengan gejala mudah lelah dan pusing terutama di pagi hari. Hal ini karena adanya perubahan hormon tubuh untuk menyesuaikan diri dengan keberadaan janin dalam Rahim. Namun, mudah pusing dan lelah juga bisa terjadi pada orang yang menderita anemia atau kekurangan sel darah merah.

  1. Muncul flek darah

Tanda atau ciri lainnya yang muncul pada masa awal kehamilan ialah flek darah. Flek darah ini berupa bercak-bercak darah yang muncul layaknya darah haid. Namun berbeda dengan darah haid, flek darah ini terjadi dalam waktu yang singkat dan darah tidak menggumpal serta warnanya cenderung lebih gelap atau lebih terang.

  1. Perubahan pada payudara

Pada saat awal kehamilan, fisik ibu pun akan mulai mengalami perubahan. Ketika hamil, payudara mempersiapkan untuk memproduksi ASI yang dibutuhkan bayi selama masa pertumbuhannya terutama 6 bulan pertama ketika bayi belum bisa mencerna makanan selain ASI. Payudara akan menjadi lebih lembut ketika diraba namun juga terasa sakit. Selain itu warna puting juga menjadi lebih gelap. Tetapi jangan khawatir karena warna puting akan kembali seperti semula setelah melahirkan.

  1. Mual dan muntah

Selain pusing dan lelah meski tidak beraktivitas berat, ibu hamil juga biasanya merasakan mual dan terkadang muntah. Reaksi lain dari tubuh terhadap kehamilan juga bisa berupa demam. Maka dari itu, banyak sekali orang yang salah menafsirkan tanda-tanda kehamilan sebagai gejala penyakit biasa sehingga kehamilan terlambat diketahui.

Itulah beberapa ciri kehamilan minggu pertama yang sering disalah artikan sebagai gejala sakit biasa. Kehamilan lebih baik jika diketahui dari sejak awal. Sebab, dengan mengetahui kehamilan lebih awal tentu ibu akan menjaga kesehatan fisik agar perkembangan janin tidak terhambat. Lain halnya dengan ibu yang terlambat mengetahui kehamilannya yang tetap melakukan pola hidup yang sama meski ada janin dalam rahimnya sampai kehamilannya diketahui.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *