MAKANAN BERGIZI UNTUK IBU HAMIL

Menjadi seorang wanita merupakan anugerah terbesar yang tuhan berikan, ialah titipan rahim sebagai rumah pertama bagi janin kelak untuk dikandungnya. Tentunya dengan menjaga pola makan yang sehat dan bergizi untuk ibu hamil, Oleh karena itu senantiasa para ibu menjaga asupan yang dikonsumsi bakal buah hatinya, hal ini perlu diperhatikan karena nantinya akan baik dengan menjaga kestabilan gizi sang ibu dengan bayinya.

Kandungan makanan yang sehat dikonsumsi ibu hamil akan bermanfaat pula untuk janin agar sehat dan kuat, dengan pola pemilihan makanan yang tepat akan baik bagi pertumbuhan janin. Berikut ini 5 makanan bergizi untuk ibu hamil agar proses melahirkan bisa berjalan lancar tanpa ada hambatan.

  1. Sereal

Sereal adalah menu sarapan yang dibutuhkan diseluruh dunia. Bahkan tidak hanya ibu hamil saja, sereal adalah makanan yang nutrisinya sangat dibutuhkan oleh ibu hamil karena mengandung asam folat dan Vitamin B. Ibu hamil harusnya mendapatkan 0,4 mg (400 mikrogram) asam folat setiap hari pada masa kehamilan. Kandungan tersebut ada pada sereal guna menjaga kehamilan tetap sehat.

  1. Daging tanpa lemak

Makanan bergizi berikutnya adalah daging non lemak, daging merupakan makanan utama setiap individu, namun hal ini perlu diperhatikan bagi ibu hamil karena asupan daging tinggi lemak tentu sangat berbahaya. daging mengandung 2 kali zink yang dibutuhkan ibu hamil. Konsumsi secukupnya saja guna memenuhi nutrisi lainnya dan protrin yang dibutuhkan bagi ibu hamil. Pilihlah daging yang tidak terdapat lemak.

  1. Susu tanpa Lemak

Hasil penelitian telah membuktikan bahwa ibu hamil membutuhkan calcium 2x lebih banyak untuk diserap tubuh dan janin. Wajar susu tanpa lemak menjadi makanan sehat ibu hamil paling utama dan dibutuhkan masa kehamilan. Susu tanpa lemak ampu memenuhi 30% gizi kebutuhan ibu hamil ari total 1000 mL.

  1. Kacang-kacangan

Konsumsi kacang sangat baik bagi kelangsungan ibu hamil karena didalamnya mengandung lemak tak jenuh sebagai pengganti daging. Lemak tak jenuh dari kacang seperti dapat dari kacang tanah, kacang hijau kacang merah dan lain –lain berguna untuk kecerdasan dan nutrisi janin.

  1. Ubi jalar atau ubi ungu

Agar kandungan ibu hamil tetap sehat dan terjaga maka perlunya mengonsumsi ubi jalar atau ubi ungu. Ubi jalar mengandung zat karetonoid yang berbeda dengan karotenoid lainnya. Ubi jalar selama proses pertumbuhan pigmen tanaman akan berubah menjadi kandungan vitamin A, hal ini tentu sangat baik bagi nutrisi yang diperlukan ibu hamil.

Dari beberapa point diatas penjelasan yang dipaparkan semoga bermanfaat, hindari makanan pantangan untuk ibu hamil karena akan sangat berpengaruh bagi pertumbuhan janin. Apabila sang ibu menjaga pola makan dan asupan makanan yang baik pastilah bayi yang dikandungnya pun akan sehat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *