MENGENALI TANDA-TANDA KEHAMILAN

           Salah satu tanda kehamilan yang dirasakan wanita yaitu telat datang bulan (haid). Namun, masih banyak gejala lain yang mungkin bisa wanita rasakan dan dapat dikenali selain telat datang bulan.

Mengenali tanda-tanda kehamilan sejak awal memang sangat dianjurkan untuk para wanita yang sedang mengandung, faktor utamanya adalah keselamatan dan kesehatan janin. Karena para wanita akan berkatifitas berbeda dari biasanya ketika ia sedang hamil. Mengenali tanda-tanda kehamilan adalah hal yang harus dipahami oleh para wanita yang merindukan buah hati, karena bisa jadi anda sedang hamil. Berikut adalah tanda-tanda kehamilan yang umum terjadi pada wanita hamil.

Tubuh Mudah Lelah dari Biasanya

            Tanda-tanda kehamilan yang sering luput dari pantauan wanita hamil adalah tubuh yang terasa lebih mudah lelah dari biasanya, padahal tidak melakukan aktifitas yang melelahkan. Kondisi ini bisa terus dirasakan oleh wanita hamil hingga usia 3 bulan kehamilan. Untuk mengatasinya, jagalah asupan nutrisi dan selalu beristirahat yang cukup. Jika anda mengalami tubuh terasa lelah tanpa sebab, periksakan ke tenaga medis, mungkin anda sedang hamil.

Terjadi Perubahan di Payudara

            Payudara wanita akan memadat dan lebih kencang pada awal kehamilan yang disebabkan oleh perubahan hormon tubuh. Disekitar aerola (daerah disekitar puting) akan tampak lebih hitam kegelapan, bahkan puting akan terasa lebih menonjol. Gejala ini sangat umum dirasakan oleh wanita hamil, karena payudara sedang menyiapkan produksi ASI untuk bayi ketika sudah lahir.

Sering Mual dan Muntah

            Salah satu gejala yang paling menyebalkan untuk wanita hamil adalah seringnya mual dan muntah. Gejala seperti ini umumnya akan terasa saat usia kehamilan enam minggu, namun tidak menutup kemungkinan gejala ini muncul di awal kehamilan. Mual dan muntah biasanya dirasakan dipagi hari, karena disebabkan asam lambung yang menumpuk saat tidur. Untuk menetralisir gejala mual dan muntah, wanita hamil tidak boleh membiarkan perutnya kosong. Makanlah sesering mungkin dengan porsi yang lebih sedikit.

 

Penciuman Menjadi Sangat Sensitif

            Setelah mengenali tanda-tanda kehamilan yaitu sering mual dan muntah, maka gejala berikut ini akan memperparah rasa mual dan muntah tersebut, yaitu indra penciuman yang lebih sensitif terhadap bau. Aroma-aroma tertentu yang menyengat akan lebih mudah terdeteksi oleh penciuman yang akan menyebabkan munculnya rasa mual dan ingin muntah.

Muncul Bercak Darah

            Bercak darah yang keluar akan berbeda dengan bercak darah pada awal haid, bercak darah akan terlihat lebih bening dan berwarna lebih merah muda. Bercak darah ini disebabkan oleh adanya proses pembuahan.

Mengenali tanda-tanda kehamilan memang perlu sedikit perhatian lebih, ada baiknya ketika wanita mengalami atau merasakan salah satu tanda atau bahkan beberapa tanda diatas, segeralah periksakan diri ke dokter.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *