Tanda-tanda 1 Minggu Kehamilan Yang Harus Diketahui

Tanda atau gejala tubuh yang menunjukkan bahwa hidupnya janin dalam Rahim sudah banyak diketahui. Namun terkadang tanda-tanda yang muncul sering kali mengecoh wanita yang belum pernah hamil sebelumnya. Sebab, gejalanya sama seperti ketika pre-menstruasi dan sulit dibedakan. Ada pula yang memang benar hamil tetapi hanya menganggap sakit biasa seperti badan terasa sangat lelah meskipun tidak melakukan pekerjaan berat, pusing, dan sering mengantuk. Tanda-tanda 1 minggu kehamilan biasanya memang seperti haid, akan tetapi dapat dibedakan dengan mudah.

Tanda Kehamilan 1 minggu

Agar kandungan dapat berkembang dengan sehat dan kuat perlu dijaga dari awal masa kehamilan. Rata-rata kehamilan baru diketahui setelah 3 sampai 10 minggu. Bahkan tidak sedikit pula yang mengetahui kehamilannya setelah keguguran. Agar tidak terjadi hal seperti itu lebih baik ketahui tanda-tanda 1 minggu kehamilan agar dapat menjaga tubuh dengan baik karena pada awal kehamilan tubuh lebih rentan sakit.

Tanda yang dapat memastikan positif hamil ialah dengan munculnya bercak darah atau implantasi yang terjadi sekitar 10 sampai 14 hari setelah sel telur berhasil dibuahi. Tidak seperti menstruasi, implantasi hanya terjadi dalam waktu yang singkat. Namun biasanya juga disertai kram perut seperti mestruasi tetapi hanya sebentar. Ketika mendapatkan gejala seperti ini lebih baik langsung dites secara medis menggunakan test pact atau alat tes kehamilan.

Penggunaan test pack dapat dilakukan karena hasilnya sudah teruji keakuratannya. Sebagian orang mendapatkan hasil yang kurang akurat karena memilih waktu yang tidak tepat untuk tes urin. Waktu yang terbaik untuk mengetes urin menggunakan test pack ialah saat pagi hari sebelum ada makanan atau pun minuman yang masuk. Pada saat itu hasil yang akurat bisa didapatkan. Mendeteksi kehamilan menggunakan tes urin bisa dilakukan sejak usia kehamilan 1 minggu.

Jika sudah mendapatkan hasil dari test pack, lebih baik diperiksa secara lanjut ke dokter kandungan atau bidan agar dapat diperiksa pula kondisi kandungannya. Dengan begitu dapat diketahui apakah Rahim ibu kuat atau tidak serta apa saja yang harus dan tidak boleh dilakukan selama mengandung. Pemeriksaan bukan hanya dilakukan ketika hamil tetapi juga sebelumnya agar dapat mempersiapkan kehamilan secara matang. Selain itu, pemeriksaan USG juga dapat dilakukan untuk melihat kondisi janin dalam Rahim ibu.

Tanda-tanda 1 minggu kehamilan lainnya yaitu disertai dengan rasa mual dan juga sensitive terhadap bau. Selain itu pada awal kehamilan ibu biasanya sering kencing karena kandung kemih tertekan Rahim yang ukurannya membesar. Secara fisik dapat dirasakan dengan meraba perut bagian bawah terdapat benjolan dan juga perut terasa begah dan kembung seperti masuk angin. Segera periksakan diri ketika mendapat gejala atau tanda tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *