TANDA-TANDA KEHAMILAN DUA MINGGU

            Gejala yang dirasakan oleh wanita hamil yang memasuki usia kehamilan 2 minggu tidak jauh berbeda dengan gejala yang dirasakan di minggu pertama. Namun di minggu kedua gejala-gejala seperi mual dan muntah akan terasa lebih jelas sehingga anda akan sangat yakin kalau anda sedang mengandung buah hati.

Walaupun gejala yang dirasakan hampir mirip dengan minggu pertama kehamilan, namun dalam perubahan fisik akan terlihat semakin jelas di minggu kedua. Anda perlu mengetahui apa saja tanda kehamilan secara umum di dua minggu pertama agar terhindar dari hal-hal yang tak diinginkan, berikut adalah tanda-tanda kehamilan dua minggu pertama yang umumnya terjadi.

Morning Sickness

Tanda-tanda kehamilan dua minggu yang tidak sulit untuk dikenali yaitu gejala morning sickness. Gejala morning sickness merupakan gejala muntah dan mual di pagi hari. Gejala ini sangat umum terjadi pada wanita hamil. Gejala ini akan masih terasa di minggu kedua kehamilan, kareana gejala ini juga akan terasa di awal kehamilan.

Hal ini dapat terajadi karena adanya perubahan hormon tubuh. Hormon tubuh yang meningkat akan memicu kondisi wanita hamil yang berubah. Setiap wanita hamil akan mengalami gejala ini dengan intensitas yang berbeda-beda, mulai dari ringan hingga yang parah. Untuk mengatasinya, wanita hamil tidak boleh membiarkan kondisi perutnya kosong, dianjurkan untuk sering makan namun dengan porsi yang mungkin bisa lebih sedikit.

Selalu Merasa Ingin Buang Air Kecil

            Gejala seringnya buang air kecil yang dialami ibu hamil masih akan terasa di minggu kedua kehamilan, namun kadar keseringannya akan meningkat dibandingkan minggu pertama kehamilan. Gejala ini bisa terjadi karena ukuran janin yang kian membesar sehingga akan terjadi tekanan pada kandung kemih, dengan begitu rasa ingin buang air kecil akan lebih terasa. Untuk mengantisipasi dehidrasi karena seringnya buang air kecil, dianjurkan wanita hamil memperbanyak meminum air putih.

Terjadi Bercak Darah Mirip Haid

            Seperti yang disebutkan di awal, gejala kehamilan di minggu kedua tidak jauh berbeda dengan minggu pertama kehamilan. Di minggu kedua juga akan muncul gejala munculnya bercak darah mirip seperti tahap awal haid. Namun bercak darah ini sedikit berbeda dengan gejala bercak darah haid, bercak darah karena kehamilan akan lebih bening dan berwarna merah jambu. Kondisi ini umum terjadi pada wanita hamil, yang disebabkan oleh proses implantasi/pelekatan embrio pada rahim yang semakin kuat pada minggu kedua dibandingkan minggu pertama kehamilan. Bercak darah ini pun tergolong pendarahan yang ringan, jadi anda tidak perlu khawatir akan gejala ini.

Demikian adalah tanda-tanda kehamilan dua minggu pertama, untuk calon ibu wajib mengetahui tanda-tanda awal pada kehamilan, dengan begitu calon ibu bisa menjaga kesehatan janin mereka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *