TANDA-TANDA KEHAMILAN SEMINGGU

            Untuk dapat mengenali tanda-tanda kehamilan seminggu biasanya cukup sulit untuk diketahui karena tanda-tanda yang tidak pasti. Pada wanita hamil tanda yang biasanya ditemui adalah sering mual dan terlambat datang bulan. Namun wanita yang merasakan mual dan terlambat datang bulan belum tentu ia sedang hamil, karena gejala ini bisa datang kapan saja.

Sebenarnya perlu gejala yang lain untuk memastikan wanita sedang hamil atau tidak, gejala-gejala tersebut cukup mudah dikenali. Adapun gejala-gejala kehamilan bisa dilihat secara fisik dan non-fisik. Berikut tanda-tanda kehamilan seminggu yang sudah kami rangkum. Bacalah dengan seksama agar mudah dipahami.

Telat Haid

            Tanda kehamilan yang satu ini sangat umum dialami oleh wanita hamil. Hal ini disebabkan karena telah terjadinya pembuahan oleh sel sperma ke sel telur, sehingga tubuh sudah tidak harus lagi mengeluarkan darah yang dikarenakan sel telur yang belum dibuahi. Kondisi ini bisa menjadi tanda awal kehamilan yang dirasakan wanita.

Rasa Sakit di Perut

Karena calon janin yang sudah terimplan ke dinding rahim, maka wanita hamil akan merasakan efek kram yang terjadi di perut dan terasa sakit. Gejala ini akan menghilang dengan sendirinya setelah proses implantasi selesai.

Sering Buang Air Kecil

            Tanda-tanda kehamilan seminggu yang selanjutnya adalah seringnya wanita bulak-balik kamar mandi untuk buang air kecil. Di awal kehamilan, wanita akan merasakan rasa ingin selalu buang air kecil. Efek ini akan hilang dengan sendirinya  di minggu ke-12 dan kemudian akan meningkat kembali di minggu ke 27.

Pendarahan atau Keluar Bercak Darah

            Keluarnya bercak darah (implantation bleeding) merupakan salah satu pertanda wanita sedang hamil. Hal ini disebabkan oleh proses implantasi sang calon janin ke dinding rahim calon ibu. Pendarahan yang terjadi pun terbilang ringan dan berbeda dengan pendarahan yang disebabkan oleh menstruasi.

Sering Mual dan Muntah

            Sering mual dan muntah di pagi hari mungkin akan menjadi tanda yang paling terlihat dan dirasakan oleh wanita ketika ia sedang hamil muda. Namun tunggu dulu, sering mual dan muntah bisa juga dirasakan sebagai pertanda sakit biasa. Jika pertanda ini datang dengan gejala-gejala kehamilan yang lain, bisa dipastikan mual dan muntah adalah efek dari kehamilan, namun jika tidak diikuti dengan gejala lainnya, mungkin mual dan muntah bisa jadi hanya pertanda sakit biasa.

Payudara Mengalami Perubahan

Saat wanita hamil payudara akan terasa lebih sensitif saat tersentuh oleh tangan dan tidak akan merasa nyaman saat memakai bra. Ukuran payudara pun  akan terasa lebih besar dan berisi, kemudian aerola (daerah hitam disekitar puting) akan tampak lebih hitam. Hal ini disebabkan oleh perubahan hormon pada tubuh.

Untuk mengenali tanda-tanda kehamilan seminggu tidaklah sulit, namun tidaklah mudah juga, karena dibutuhkan ketelitian dalam mencermati kondisi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *